Konsumsi Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Konsumsi Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Penyebab seseorang menderita penyakit akibat kadar kolesterol tinggi bukan hanya faktor usia dan genetik tetapi konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan yang terlalu banyak digoreng menggunakan minyak sawit atau kelapa hingga terlalu banyak berkuah santan bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol naik tinggi.

Sebelum terlambat, penting sekali mengkonsumsi makanan sehat penderita kolesterol agar terhindari dari dampak negatif yang sulit ditangani seperti stroke atau penyakit jantung.

Jenis Makanan Sehat Penderita Kolesterol
Beberapa jenis makanan sehat penderita kolesterol berikut ini perlu diketahui agar bisa mengatur pola makan yang lebih baik.

1. Makanan yang berasal dari kacang-kacangan
Jenis makanan sehat penderita kolesterol pertama yang patut Anda konsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan bisa mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan serta mengandung serat yang cukup tinggi. Kacang kedelai adalah jenis kacang terbaik yang mampu mengurangi kadar kolesterol hingga 6% tiap 5 ons.

Jadi, Anda bisa menjadikan makanan dari bahan kedelai seperti tempe dan tahu sebagai asupan makanan sehat. Bisa pula produk susu kedelai yang aman dikonsumsi penderita kolesterol.

2. Konsumsi buah dan sayuran secara rutin
Buah seperti pir, apel, stroberi dan sayuran hijau seperti brokoli atau jenis terung ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Buah dan sayuran yang kaya akan serat mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi penderita kolesterol tinggi.

3. Oatmeal
Anda bisa mencoba sarapan dengan bubur oatmeal yang terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oatmeal mengandung serat atau betaglukan yang bila rutin dikonsumsi akan mengikat kolesterol dalam usus.

4. Ikan
Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti tuna, sarden, salmon merupakan jenis ikan yang baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Berbeda dengan jenis seafood lain yang tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol seperti kepiting, cumi atau udang.
Sebaiknya Anda mengatur konsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 setidaknya dua atau tiga kali saja seminggu. Sebab, terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 bisa menyebabkan pembekuan darah.

5. Mengkonsumsi buah avokad
Ternyata makanan sehat penderita kolesterol tinggi adalah buah avokad. Fakta membuktikan bahwa buah unik ini memiliki kandungan serat dan tidak memiliki kandungan lemak tak jenuh. Namun, ada pula aturan yang perlu dipatuhi oleh penderita kolesterol seperti disarankan mengkonsumsi avokad dalam bentuk buah. Mencampur avokad dengan gula atau susu dalam bentuk jus sangat tidak disarankan.

Makanan sehat penderita kolesterol tersebut wajib diketahui jika Anda telah terlanjur kena kolesterol tinggi. Anda wajib membatasi asupan lemak jenuh yang masuk dalam tubuh sesuai dengan jenis kelamin yakni pada wanita hanya 20 gram sedangkan laki-laki 30 gram saja. Bisa pula mengkonsumsi suplemen yang mengandung unsur sterol dan stanol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

This Is The Newest Post