Hidup Sehat, Hidup Bahagia

Tags

hidup sehat, hidup bahagia

Setiap manusia tentu menginginkan hidup sehat dan hidup bahagia. Untuk mewujudkan hidup yang bahagia tentu tidak hanya sebatas sehat secara fisik/jasmani saja, tetapi juga sehat rohani/jiwa, sehat sosial dan sehat ekonomi/finansial. Berikut adalah beberapa pengertian sehat yang saya ambil dari id.wikipedia.org:

  • Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi meliputi seluruh aspek kebutuhan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial, dan spiritual.
  • Sehat menurut batasan World Health Organization (WHO) adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Dalam pengertian yang paling luas, sehat merupakan suatu keadaan yang dinamis di mana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis, intelektual, spiritual dan penyakit) dan eksternal (lingkungan fisik, sosial, dan ekonomi) dalam mempertahankan kesehatannya.
  • Dalam UU No.23,1992. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dalam pengertian ini, maka kesehatan harus di lihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan.

Kesehatan adalah karunia dari Alloh SWT yang harus disyukuri. Berapa banyak orang yang diuji dengan kurang sehat fisiknya dengan penyakit yang menimpanya. Sehingga membuat pergerakannya terbatas, bahkan tak jarang yang hanya berbaring saja di pembaringan selama bertahun-tahun. Jika kondisi sakit begitu lama waktu terasa, tetapi jika dalam kondisi sehat waktu begitu terasa cepat berlalu yang kadang membuat kita lupa terlena melupakan karunia dari pencipta yang begitu banyaknya dan tidak bisa kita hitung sampai akhir hayat kita, sampai akhir menutup mata.

Dengan kondisi sehat kita bisa bahagia dan lebih bahagia lagi dengan mensyukurinya. Kita bisa beraktivitas, beribadah, berkarya, bersosial atau bersilaturahim dan melakukan hal-hal lainnya yang bermakna, yang mempunyai nilai tidak hanya dari pandangan manusia tetapi yang terpenting adalah bernilai menurut Alloh SWT tentunya bernilai ibadah. Dengan rasa syukur itu nikmat akan dilipatgandakan.

Sehat membuat kita bahagia, kita bisa menikmati makanan kesukaan kita dengan lezatnya. Hal ini berbeda ketika kondisi sakit, walaupun makanan paling enak sekali pun akan terasa pahit, rasanya nggak enak, mual, mau muntah. Itulah musibah sakit yang harus dilalui denagan penuh kesabaran, kepasrahan dan berjuang untuk mendapat kesembuhan/kesehatan.

Maka, mari kita jaga kesehatan kita, kesehatan menyeluruh baik jiwa, rohani, sosial dan finansial agar kita bisa mewujudkan hidup bahagia. Hidup sehat, hidup bahagia dengan mensyukurinya, beribadah kepadaNya, dan taat kepadaNya sehingga kita pun bisa meraih kebahagiaan yang hakiki, abadi, tiada henti di surgawi, aamiin..

Hidup Sehat, Hidup Bahagia

This Is The Oldest Page