Tetap Sehat dan Bahagia Dihari Tua


Setiap orang pasti menginginkan kesehatan dan kebahagiaan di sepanjang hidupnya. Kita mendambakan masa kecil yang penuh kegembiraan, masa remaja yang menyenangkan, hingga masa diakhir usia kita yang penuh kebahagiaan. Namun impian itu bukan merupakan hal yang mudah untuk diwujudkan. Kita memerlukan niat dan usaha yang optimal atau bahkan pengorbanan untuk mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya, bukan hanya kebahagiaan yang sesaat ataupun kebahagiaan yang semu belaka.

Apa arti kebahagiaan menurut anda? Sebagian orang berpendapat bahwa bahagia adalah memiliki harta yang melimpah, dan fasilitas hidup mewah. Namun ada juga yang berpendapat kebahagiaan adalah badan sehat, hidup tenang bersama orang-orang tersayang, dan memiliki jaminan hari tua. Masing-masing orang akan mengartikan kebahagian dengan persepsi yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mendapatkan kenikmatan yang relatif sama namun belum tentu orang tersebut sama-sama bahagia. Kebahagiaan itu bukan seberapa banyak nikmat yang didapat, tapi seberapa banyak nikmat yang diingat. Semakin banyak mengingat dan mensyukuri nikmat yang didapat, sebanyak itu pula kebahagiaan akan di dapat. Seseorang tetap merasa menderita meski nikmat melimpah, jika yang diingatnya adalah ambisi yang belum didapat, sementara ia lupakan apa yang berada dalam genggaman tangannya yang penuh nikmat.

Masa kecil wajar jika penuh keceriaan, karena belum banyak beban yang dirasakan. Masa muda terasa wajar jika merasa bahagia, karena dengan fisik yang sehat, dan hidup penuh semangat. Namun masa tua tentu fisik kita sudah melemah, bagaimana agar masa tua kita bisa tetap bahagia?. Pepatah mengatakan “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Jika anda ingin masa tua anda bahagia, tentu bukan hal yang instan untuk mendapatkannya. Berikut ada beberapa cara untuk tetap bahagia di hari tua:

a. Lifestyle yang sehat
Lifestyle atau pola hidup yang sehat tentu perlu diterapkan semenjak masih muda, karena akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan di masa tua. Banyak penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik, seperti diabetes militus tipe II, hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit hati, dll. Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan pola makan yang baik, aktivitas dan olahraga, serta istirahat yang cukup. Banyak informasi tentang lifestyle yang bisa kita dapat misalnya dari buku, website, blog, ataupun dari tenaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat diharapkan dapat hidup sehat walaupun di hari tua.

b. Jalin hubungan yang baik dengan keluarga dan sesama
Berkumpul bersama orang-orang tercinta akan membuat orang bahagia. Jika kita ingin memiliki orang-orang yang menyayangi kita, maka kita juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan keluarga dan orang lain. Orang-orang tersayang akan mendukung dan membantu saat dibutuhkan. Jika masa tua tanpa ada orang-orang tersayang masa akan terasa hampa dan kesepian.

c. Jaminan hari tua
Masa tua tentu fisik sudah melemah, sehingga bukan hal yang mudah jika di hari tua harus tetap bakerja. Masa tua produktifitas sudah menurun, namun kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi. Salah satu cara untuk tetap bahagia di hari tua adalah memiliki jaminan di hari tua atau jaminan pensiun. Investasi juga bisa dilakukan agar hari tua tetap bisa mendapatkan penghasilan yang tidak memerlukan kerja fisik yang ekstra.

d. Tingkatkan ibadah
Masa tua identik dengan masa akhir kehidupan atau mendekati kematian untuk menuju kehidupan yang lebih kekal. Kehidupan dunia yang sementara harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar kita tidak termasuk orang yang merugi. Dengan mendekatkan diri dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa maka hati akan mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan.

e. Positive thinking
Positive thinking atau berpikir yang positif dapat membuat orang menjadi tenang dan selalu bersyukur. Berpikir positif terhadap orang lain, terhadap Tuhan, terhadap kondisi yang ada, akan membuat hidup bahagia. Berpikir positif berarti menerima kondisi yang ada dan mensyukuri segala sesuatu yang dimiliki, serta ridho dengan semua yang digariskan oleh Tuhan. Semua yang terjadi pada diri kita adalah yang terbaik untuk kita, dan tidak ada sesuatupun yang sia-sia.

Baca juga: Hidup Sehat, Hidup Bahagia

Hidup hanya sekali, manfaatkan hidup kita sebaik-baiknya, agar kehidupan kita selalu bahagia dan tidak sia-sia. Waktu akan terus berjalan dan tidak akan terulang, jadikan waktu kita bermakna, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Roda kehidupan akan terus berputar, lalui dan syukuri semua yang ada, sehingga kehidupan kita akan bahagia.