5 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

5 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat
Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang banyak mengakibatkan kematian terutama di negara-negara maju. Hal ini terjadi karena kebiasaan mereka yang ingin semua praktis dan efisien, sehingga mudah terkena penyakit kolesterol.

Penderita penyakit jantung umumnya memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga memungkinkan seseorang terkena stroke. Hal ini terjadi bila LDL menyumbat pembuluh darah arteri sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini?

Berikut tips menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.
1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi
Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, bisa menurunkan kadar LDL di dalam darah. Pada dasarnya orang yang beraktivitas membutuhkan serat 30 – 40 gr dalam sehari, namun kenyataannya orang dewasa hanya memenuhi 12 gr serat, sehingga LDL menumpuk.
Banyak makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu juga ada makanan karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi seperti kentang, kacang-kacangan, dan beras merah sebagai pengganti nasi putih, sebab beras merah memiliki kandungan serat lebih tinggi dibanding dengan nasi putih.

2. Kurangi Makanan Berlemak 
Tips menurunkan LDL selanjutnya dengan mengurangi makanan-makanan berlemak tinggi, pasalnya kadar kolesterol pada makanan berlemak sangatlah tinggi. Maka bukan hanya kadar LDL yang akan turun, tetapi masalah obesitas (kelebihan berat badan) juga bisa hilang.
Oleh karena itu ada baiknya mengurangi makanan berlemak serta perbanyak makanan yang mengandung tinggi serat. Contoh makanan yang harus dihindari seperti daging sapi, daging ayam, gorengan, junk food dan makanan-makanan cepat saji lainnya yang tinggi lemak.

3. Olahraga
Setiap orang pasti menyukai olahraga, aktivitas ini sangatlah menyenangkan.  Olahraga tidak memiliki efek samping yang ditimbulkan, pasalnya kegiatan ini bisa meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.
Selain itu saat kita berolahraga bisa menjadi salah cara refresing yang murah dan menyenangkan, karena kita akan melakukan aktivitas yang disukai. Sambil bersenang-senang mendapat tubuh yang sehat, maka Anda bisa mendapat manfaat ganda.

4. Lakukan Pola Hidup Sehat
Pada dasarnya semua penyakit yang menyerang tubuh disebabkan gaya hidup yang kurang baik seperti waktu istirahat kurang, makan makanan kurang serat, dan stress berkepanjangan. Maka langkah awal untuk menurunkan LDL dengan merubah gaya hidup menjadi lebih baik.

5. Stop Merokok
Seperti kita ketahui banyak penyakit yang diawali dari merokok, mulai dari sakit paru-paru hingga jantung. Jadi ada baiknya berhenti merokok, selain bisa menurunkan LDL Anda juga terhindar dari penyakit yang lainnya.

Begitu mudah bukan cara untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Penyakit kolesterol akan muncul ketika kita meninggalkan gaya hidup sehat, jadi mulai saat ini terapkanlah pola hidup sehat untuk tubuh yang sehat.

Judul : 5 Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat
Deskripsi : Tips untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, sehingga bisa terhindar dari penyakit jantung dan terserang stroke atau gagal jantung yang menyebabkan kematian
Keyword : Kolesterol

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Kolesterol